Friday, February 25, 2011

Tondok Indo' Ambe Ku

Hello... apa kareba? :) i ask you how are u ba... akuy akin gk smua yang baca kalimat pertama postingan ku itu ngerti, itu kan bahas Ibunda ku. Toraya! Well... ni kali aku mau posting sedikit tentang Toraja, aku si gak banyak tahu tentang Toraja... tau si yang dasar**nya aja. tapi lau secara detail tu gak... lau dari makanan, rumah, baca aku tahu 100% hehe.. tapi lau adat 45% aja si.. palingan yang itu** aja yang aku tau.... 
makanan Toraja paling special apa yo? PAkpiong.... lagi... Pantoollo Pamarrasan. apa pa Pokon... :)
Ahhh... bikin ngilur aja lau nyebutin makanan tu.. oke, lanjut ya... aku akan memposting tentang kampung Bapak & Mama Ku
ni pertama aku paling suka rumahnya, Tongkonan Torja.. lau bahasa Ibunda Banua Tongkonan.
ni gambarnya... ni Rumah Tongkonan Nenek ku Di Parinding, Mama ku punya rumah.
Di depannya ada kerbau... tu bukan kerbau beneran, tu hasil kerajinan tangan dari batu....

ni la Nenek ku.. udah tua banget, tapi syukur masih sehat panjang umur,
Patung dibelakang Nenek ku tu bukan patung Kakek ku, tapi patung Kakek sepupuku, saudara kakek ku, lau patung kakeku ni,
Patungnya di buat dari Kayu..... soalnya ni Kakek ku udah lama meninggal, jadi zaman Beliau meninggal blum ada yang buat dari batu....
kenapa di buatin patung tu kakek.. aku juga gak tau, mungkin buat cucunya yang belum pernah liat Beliau, jadi lau cucunya pulang Toraja ketemu la kakek.. hehe... actually i dont know the real reason.

skarang ni kampung Bapak ku... 
kampung Bapak tu di Mellammak, aduu.. aku gak punya poto terbaru, ni foto lamanya aja,,, udah lama banget mungkin 12 Tahun yang lalu, beda ma foto di kampung mama ku, soalnya tu ada sepupu yang tinggal di Toraja dan dia upload, jadi aku ngambil di situ lagi... lau di kampung Bapak ku gak ada...
ni rumah Tongkonannya... dan sekarang itu ada Nenek ku di atas 'Tidur'.... Nenek tu masuk syurga pa gak? aku juga gak tau... Doa kami agar Nenek pergi dengan tenang dan duduk di samping Bapa do syurga.
Ni foto Kakak sepupuku. dengan  baju adat Toraja....

udah dulu ya... kapan** aku cerita lagi tentang Toraja... ni aku cerita yang aku tau aja, ni lah kampung Orangtua ku......



lau udah baca, jang lupa di like ya.,,
makasi
      




















No comments:

Post a Comment

Shalom...


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...