Pages

Wednesday, April 18, 2012

Berwirausaha Dalam Media Sosial


Shalom.
banyak orang yang sudah mengambil peluang  berwirausaha dalam media sosial, seperti facebook, twitter dan blog. itu hal yang bagus, mungkin ada diantara kita yang masih ragu atau takut melakukan wirausaha di dunia internet, ragu akan keuntungan dan takut apakah akan ada pelanggan. di sini dalam karya lomba yang diadakan oleh Dot.semarang saya akan memberikan beberapa alasan kenapa perlu berwirausaha dalam media  social.
contoh seorang ibu sedang melakukan transaksi berjualan di rumah, tanpa mengganggu tugas tanggungjawab sehari hari sebagai seorang ibu.

Modal kecil
Modal yang digunakan tidak perlu terlalu besar,   contoh saja kalian mau bisnis baju, atau kosmetik, hanya perlu beli beberapa pieces saja, lalu promosi di media social seperti facebook dan twitter, kalau barang yang tadi udah habis terjual, tetapi masih ada lagi yang mau kalian bisa  minta consumen  tersebut untuk menunggu dan uang yang kamu dapat tadi bisa diputar lagi untuk membeli barang yang mau di beli oleh konsumen. Dan, kalian hanya perlu menyediakan Komputer & Laptop dan modem, untuk koneksi ke Internet.



Tidak perlu bayar jasa iklan.
Ini yang sangat menguntungkan kalau berwirausaha dalam media social, seorang pengusaha tidak perlu membayar jasa pengiiklanan atau promosi, cukup dengan memperbanyak teman di facebook, dan follower di twitter, maka secara otomatis produk atau jualan kita akan dikenal oleh banyak orang, dan peluang untuk mencari pembeli semakin besar.

Tidak perlu mermbangun gudang.
Salah satu syarat untuk menjadi seorang pengusaha adalah membangun sebuah gudang untuk penampungan stock, tetapi berwirausaha di Media social tidak perlu, karena  kita bisa menyedia
kan barang yang dijualkan sesuai permintaan.
Tidak perlu meminta dimodali oleh pihak lain.
tidak perlu minta dimodali oleh pihak lain, seperti rekan, keluarga dan bank. karena hanya bermodal media sosial yang digunakan kita bisa membuat usaha kita dikenal tanpa mengeluarkan modal besar.


Produk lebih muda dikenal.
Dengan menggunakan fasilitas Hastag di twitter dan tagging di facebook, suatu produk yang kita jual akan mudah dikenal tanpa di mengeluarkan serupiah uang.

Siapa Saja Bisa..Si Pemalu Sekalipun.
Naa, kalo berwirausaha itu, kita membutuhkan satu sifat yang berani, pintar berbicara, pintar merayu si calon pembeli, terkadang kita gk cukup berani untuk menawarkan produk kita, sehingga kurang orang mengenalnya,  tetapi dengan menggunakan media sosial, kita bisa menawarkan produk kita kepada siapa saja, yang berteman di media sosial, tidak ada tatapu muka langsung dengan pembeli, kita hanya melalui komen di media sosial, jadi rasa malu itu tidak ada, toh kita gk kenal :) tapi ini bukan berarti bisa membohongi si pembeli, maksudnya kita tidak perlu bertatap muka langsung ke pembeli, tidak perlu kerumah buang buang tenaga, dari anak SD sampe Sarjana bisa kan :) selama bisa menggunakan media sosial :)





Demikianlah postingan saya tentang peran Media sosial dalam berwirausaha. semoga postingan ini bisa memberikan semangat kepada kalian untuk mencoba berwirausaha di media sosial.
thank for reading. God bless  

8 comments:

  1. betul sekali dan saya setuju, karena dengan ini media sosial akan lebih bermanfaat :)

    ReplyDelete
  2. Assalamu'alaikum,
    boleh bertukar link?
    http://muja94.blogspot.com/p/bloglink.html

    ReplyDelete
  3. Wah mantap nie.. nice info kunjung balik ya..

    http://opetarihsima.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. huuaaaa... saya jadi pengen... tp masih bingung mulai dr mana...
    butuh pencerahan nih... T.T

    mampir ya ke stylish generation

    ReplyDelete
  5. pada intinya..ber-wirausaha itu bisa di mana saja..yang penting ada niat dan kemauan..maka segera jalankan :)

    ReplyDelete
  6. Wah luar biasa saya juga punya nich usaha kecil-kecilan. Menjual Produk Asli Daerah saya :-) kalau boleh sedikit promo hehehe http://rengginanglorjukmurah.blogspot.com

    ReplyDelete

Shalom...